KIMIA, HIDROLISIS GARAM

Hidrolisis berasal dari kata hidro=air, dan lisis=penguraian. Hidrolisis adalah suatu ion yang terdiri atas kation logam dan anion sisa asam. Kation garam berasal dari suatu basa, sedangkan anion berasal dari suatu asam. Bagaimana jika kedalam air murni ditambahkan garam? komponen garam yang berasal dari asam lemah dan basa lemah bereaksi dengan air membentuk H+ , berarti hidrolisis garam adalah penguraian garam oleh air yang menghasilkan asam dan basa.
Macam-macam hidrolisis garam:
1. garam dari asam lemah dengan basa kuat
garam dari asam lemah dengan basa kuat di dalam air mengalami hidrolisis sebagian. Karena menghasilkan OH-, maka larutan garam bersifat basa. Pada garam jenis ini, anion yang berasal dari asam lemah yang terhidrolisis.
2. garam dari asam kuat dengan basa lemah
garam dari asam kuat dengan basa lemah mengalami hidrolisis sebagian dalam air. Pada garam jenis ini , kation yang berasal dari basa lemah yang terhidrolisis
3. garam dari asam lemah dengan basa lemah
garam dari asam lemah dengan basa lemah mengalami hidrolisis total. Pada garam jenis ini, kation dan anion terhidrolisis.
"Pada hidrolisis garam berlaku hukum riba, siapa yang kuat dia yang akan menang" jadi jika asam kuat dengan basa lemah dicampurkan, maka asam kuatlah yang akan menang dan sebaliknya.

Comments